Blog ini adalah milik kita bersama, disinilah tempat kita berdiskusi persoalan-persoalan pendidikan mulai dari siswa, guru, kebijakan pendidikan, dan instrumen terkait dengan pendidikan.....Ayo kita bangun bangsa ini agar menjadi bangsa yang bermartabat dan tidak selalu dilecehkan di dunia.
Minggu, 29 September 2013
Selasa, 02 Juli 2013
KAJIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MEKANIKA DI SMA
KAJIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR
KRITIS
DALAM PEMBELAJARAN MEKANIKA DI SMA
Rosyid1),
Budi Jatmiko2), Z.A. Imam Supardi3)
1Postgraduate
Program of Science Education Surabaya State University, 2Lecturer of
Postgraduate Program of Science Education of Surabaya State University, 3
Lecturer of Postgraduate Program of Science Education Surabaya State University
ABSTRAK
Kajian
ini fokus pada pembelajaran untuk pencapaian pemahaman konsep, pemahaman konsep
dalam pembelajaran fisika Mekanika, Tes pemahaman konsep dalam pembelajaran fisika
mekanika, dan keterampilan berpikir kritis fisika di SMA yang menjadi instrumen
penting dalam pembelajaran fisika. Bahan kajian diperoleh dari Jurnal, buku,
dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Hal terpenting bahwa mengajarkan
pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis harus dilakukan pada
pendidikan di semua tingkat sekolah dasar sampai SMA sebagai jembatan ke
perguruan tinggi. Pembelajaran untuk pemahaman harus memperhatikan pengetahuan
awal peserta didik (Dochi, 1996) dan memanfaatkan potensi lingkungan sebagai
sumber balajar. Implikasinya adalah perlu optimalisasi proses pembelajararan
melalui pemilihan metode pembelajaran yang berorientasi pada berbagai variasi
cara penyampaian pesan, substansi kurikulum yang kontekstual dan perumusan
tujuan pembelajaran yang diarahkan pada pencapaian pemahaman secara mendalam (deep understanding). Memahami konsep
meliputi memahami objek dan peristiwa, serta prinsip/teori dan aturan. Kedua
komponen fisika tersebut harus dipahami secara kualitatif dan kuantitatif. Selama
ini Tes Pemahaman konsep dalam bidang mekanika yang paling dikenal adalah tes
Force Concept Inventory (FCI) dan Test of Understanding Graphs Kinematics
(TUG-K). FCI dan TGU-K paling luas
digunakan sebagai tes diagnostik dalam bidang mekanika. FCI dikembangkan dalam
rangka mengetahui ide-ide alternatif siswa yang fokus pada ide-ide esensial
mekanika Newton (Maloney et al.,
2001). Tetapi pembelajaran harus dilakukan bukan hanya mengarah pada pencapaian
pemahaman tetapi juga peningkatan keterampilan berpikir kritis. Keterampilan
berpikir dapat didefinisikan sebagai proses kognitif yang dipecah-pecah ke
dalam langkah-langkah nyata yang kemudian digunakan sebagai pedoman berpikir.
Senin, 01 Juli 2013
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL ORIENTASI IPA (PBL dan Multi Representasi) PADA KONSEP MEKANIKA DI SMA
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL ORIENTASI IPA (PBL dan Multi Representasi) PADA KONSEP MEKANIKA DI SMA
Rosyid1), Budi Jatmiko2), Z.A. Imam Supardi3)
1Postgraduate Program of Science Education Surabaya State
University, 2Lecturer of Postgraduate Program of Science Education
of Surabaya State University, 3 Lecturer of Postgraduate Program of
Science Education Surabaya State University
Abstrak
Penerapan model
pembelajaran Orientasi IPA ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas interaksi
siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar fisika siswa
kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Jember. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan
teknik tes, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data secara
deskriptif. Hasil analisis menunjukan, bahwa (1) penerapan model pembelajaran Orientasi
IPA dapat meningkatkan kualitas interaksi siswa dalam pembelajaran fisika dan
(2) penerapan model pembelajaran Orientasi IPA dapat meningkatkan ketercapaian
kompetensi dasar fisika siswa.
Jumat, 28 Juni 2013
Studi Awal Pemahaman Konsep Mekanika dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA di Kabupaten Jember
Studi Awal Pemahaman
Konsep Mekanika dan keterampilan berpikir
kritis siswa SMA di Kabupaten Jember
A Preliminary Study of Conceptual Understanding of
Mechanics and Critical Thinking Skill of Senior High School students in Jember
Regency
Rosyid1, Budi Jatmiko2, ZA. Imam
Supardi3
1Postgraduate
Program of Science Education Surabaya State University, 2Lecturer of
Postgraduate Program of Science Education of Surabaya State University, 3
Postgraduate Program of Science Education Surabaya State University
ABSTRACT
Conceptual understanding and critical thinking skill are the gates to
success in learning mechanics at school. Conceptual understanding of mechanics
should cover several representation abilities; that is, verbal, charts, images,
and mathematical. The fact that exists is that learning success is measured
only by how students can work on the problems that focus on mathematical
calculation. Various representations enable teachers to explore the students’
capabilities. The objectives of this research were (1) to identify the method
that teachers used in the teaching of mechanics at school, (2) to determine
senior high school students’ conceptual understanding of mechanics, (3) to analyze
the critical thinking skill of senior high school students, (4) to determine
the ability of students’ multi-representation, (5) to determine the response of
senior high school students toward the initial condition of mechanics learning,
and (6) to determine the main books used references in the teaching of
mechanics at senior high schools in Jember. The research was conducted at
several state senior high schools in Jember Regency. The research applied
questionnaires and tests. Questionnaires were used to identify the methods,
teacher references and student responses to mechanics teaching. Meanwhile, the
tests were used to determine conceptual understanding (Force Concept Inventory)
and the critical thinking skill (tests adapted from Ennis), and tests to
determine the ability of students’ multi-representation. The research results
showed that the methods used by teachers were lecturing, discussion,
Question-Answer (range 58% -90%), the conceptual understanding of mechanics was
low (54.35-68.30) far below Minimum Achievement (KKM) of 75.00, students’
critical thinking skill was categorized low, the ability of
multi-representation ranged 50% -60%, the students did not know that the
mechanic-physics teaching materials that were studied used representation formats
of Verbal, Mathematics, Images, and Charts (85%), and almost 100% of teachers
used only one book source (reference) in teaching physics. It is necessary to
conduct further research on the use of teaching models that can improve
conceptual understanding and critical thinking skill of high school students in
Jember.
Keywords:
Critical Thinking Skills, Conceptual Understanding of Mechanics
Minggu, 09 Juni 2013
SOFTWARE TPA
Bagi sahabat-sahabat (siswa, mahasiswa,guru, dosen, para pencari kerja, calon pns), yang membutuhkan latihan Soal-soal TPA lengkap disertai pembahasan dan latihan secara online dapat mengunduh alamat berikut:
http://www.4shared.com/rar/niySzBma/SOFTWARE_Cerdik_TPA_Final.html
http://www.4shared.com/rar/niySzBma/SOFTWARE_Cerdik_TPA_Final.html
Jumat, 07 Juni 2013
AYO BERGABUNG GURU MUDA INDONESIA
Pengajar Muda adalah generasi muda terbaik bangsa yang direkrut, dilatih dan dikirimkan oleh Indonesia Mengajar untuk mengabdi di masyarakat sebagai guru di daerah terpencil selama 1 (satu) tahun. secara lengkap lihat : https://indonesiamengajar.org/tentang-pengajar-muda/
INFO BEASISWA P3SWOT
Beasiswa P3SWOT adalah beasiswa yang ditawarkan bagi Peneliti, Penulis, Pencipta, Seniman, Wartawan, Olahragawan dan Tokoh (P3SWOT).
Beasiswa ini merupakan stimulasi bantuan beasiswa untuk lingkup
nasional dan internasional dalam rangka menyiapkan para peneliti,
pencipta, penulis, seniman, olahragawan dan tokoh yang cerdas dan
kompetitif sesuai dengan visi pendidikan nasional.
Dengan adanya program Beasiswa Unggulan P3SWOT ini, diharapkan di akhir program akan muncul critical mass para peneliti, penulis, pencipta, seniman, olahragawan dan tokoh yang berdaya saing tinggi di masa yang akan datang. Disamping itu media yang digunakan dalam mengekspresikan hasil karya tersebut bisa dalam bentuk digital maupun non-digital.
Pendaftaran berlangsung mulai tanggal 01 Januari 2013 sampai dengan 31 Desember 2013.
Segera Daftarkan diri Anda.
Untuk mengetahui prosedur pendaftaran, klik Petunjuk Pendaftaran.http://p3swot.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/index.php/home
Dengan adanya program Beasiswa Unggulan P3SWOT ini, diharapkan di akhir program akan muncul critical mass para peneliti, penulis, pencipta, seniman, olahragawan dan tokoh yang berdaya saing tinggi di masa yang akan datang. Disamping itu media yang digunakan dalam mengekspresikan hasil karya tersebut bisa dalam bentuk digital maupun non-digital.
INFORMASI PENDAFTARAN !
Pendaftaran Beasiswa Unggulan P3SWOT Periode telah dibuka.Pendaftaran berlangsung mulai tanggal 01 Januari 2013 sampai dengan 31 Desember 2013.
Segera Daftarkan diri Anda.
Untuk mengetahui prosedur pendaftaran, klik Petunjuk Pendaftaran.http://p3swot.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/index.php/home
PEMUTAKHIRAN NUPTK
Info Penting untuk PTK
Pemilik NUPTK dan masih aktif sebagai PTK (Pendidik & Tenaga Kependidikan) silakan melakukan pemutakhiran dengan mengunduh Formulir, dan mengikuti prosedur yang ada disitus ini. Bagi PTK yang tidak melakukan pemutakhiran data NUPTK, otomatis akan dinyatakan TIDAK AKTIF.
Lihat disini: http://padamu.kemdikbud.go.id/
Mulai bulan Mei 2013, BPSDMPK-PMP menyelenggarakan kegiatan Pemutakhiran Data NUPTK,
yang wajib diikuti oleh PTK.
Surat Edaran Layanan PADAMU NEGERI 2013Pemilik NUPTK dan masih aktif sebagai PTK (Pendidik & Tenaga Kependidikan) silakan melakukan pemutakhiran dengan mengunduh Formulir, dan mengikuti prosedur yang ada disitus ini. Bagi PTK yang tidak melakukan pemutakhiran data NUPTK, otomatis akan dinyatakan TIDAK AKTIF.
Lihat disini: http://padamu.kemdikbud.go.id/
Kamis, 06 Juni 2013
KONFIRMASI
Bagi nanda-nanda yang merasa nilaix kurang, bisa konfirmasi kpd saya, ditunggu sampai hari jumat....nilai tersebut adalah gabungan seluruh nilai proses (diskusi, lisan, tugas, UH, Mid, semester, absensi, sikap, motivasi, dll). Salam sukses untuk Nanda-nandaku.....
PENGUMUMAN NILAI SEMESTER GENAP FISIKA-ELEKTRO X
Download: http://www.4shared.com/rar/nzyXs-EU/NILAI_RAPORT_FISIKA_DAN_ELEKTR.html
Selasa, 04 Juni 2013
INFO TERBARU
Buat nanda ketua kelas X SMAGA
Asslmlkm wr wb.
Diberitahukan bahwa LKS, buku tugas, dll segera di ambil di meja saya (sudah dikoreksi), dan ingat buku atau LKS tersebut harus sampai ke pemiliknya.
Untuk rekapitulasi nilai dan nilai raport saya posting paling lambat hari jumat, 7 juni 2013. salam sukses....
Wass,
Rosyid
Asslmlkm wr wb.
Diberitahukan bahwa LKS, buku tugas, dll segera di ambil di meja saya (sudah dikoreksi), dan ingat buku atau LKS tersebut harus sampai ke pemiliknya.
Untuk rekapitulasi nilai dan nilai raport saya posting paling lambat hari jumat, 7 juni 2013. salam sukses....
Wass,
Rosyid
Senin, 03 Juni 2013
Pengumuman 4 anak kls X SMAGA
Ytc. Nanda kelas X
Asslmulakum wr. wb.
Diinfokan kepada nanda-nanda tercinta, bahwa hasil ujian semester genap fisika kls X telah di koreksi, untuk hasil bisa di lihat di papan pengumuman SMAGA. Bagi yang nilainya kurang dari KKM mohon konfirmasi kepada saya besok hari selasa, 4-6-2013 jam 07.00 wib, dengan membawa :
1)Buku catatan, buku tugas rumah, dan buku tugas di sekolah, LKS
2) Mengerjakan ulang soal UKK (konfir ke guru fisika kls X)
Demikian info ini, smoga nanda-nanda dalam keadaan sehat selalu dan salam sukses.
Jember, 3-6-2013
Wass.
Rosyid
Asslmulakum wr. wb.
Diinfokan kepada nanda-nanda tercinta, bahwa hasil ujian semester genap fisika kls X telah di koreksi, untuk hasil bisa di lihat di papan pengumuman SMAGA. Bagi yang nilainya kurang dari KKM mohon konfirmasi kepada saya besok hari selasa, 4-6-2013 jam 07.00 wib, dengan membawa :
1)Buku catatan, buku tugas rumah, dan buku tugas di sekolah, LKS
2) Mengerjakan ulang soal UKK (konfir ke guru fisika kls X)
Demikian info ini, smoga nanda-nanda dalam keadaan sehat selalu dan salam sukses.
Jember, 3-6-2013
Wass.
Rosyid
Kamis, 17 Januari 2013
Pesan Untuk Sahabat
Sahabat-sahabatq....
Tak terasa 2 pekan sudah kita berada di tahun 2013, yang penuh tantangan dan hambatan. Jadikanlah tantangan dan hambatan menjadi penyemangat dalam hidup kita untuk berkarya. Insya Allah beberapa saat lagi buku tulisan saya segera terbit tentang pendidikan, guru, dan hasil riset. kita sharing ya......wass.
Tak terasa 2 pekan sudah kita berada di tahun 2013, yang penuh tantangan dan hambatan. Jadikanlah tantangan dan hambatan menjadi penyemangat dalam hidup kita untuk berkarya. Insya Allah beberapa saat lagi buku tulisan saya segera terbit tentang pendidikan, guru, dan hasil riset. kita sharing ya......wass.
Jumat, 11 Januari 2013
Tips Belajar Fisika
Tips Belajar Fisika
Fisika bukanlah materi yang sulit untuk dipelajari. Ada beberapa strategi dalam memahami fisika dengan mudah. Berikut yang harus anda lakukan :
1. Timbulkan motivasi anda untuk belajar mencintai, artinya anda hrs memiliki buku pegangan, bacalah buku itu secara perlahan, luangkan waktu 5 sampai 10 menit saja sebagai permulaan. lakukan kebiasaan ini selama seminggu.Proses ini adalah dalam tahap pengenalan sebelum anda mencintai.
2. Fokus pada konsep-konsep yang dipelajari, mulailah dari hal-hal yang paling mudah. sepulang sekolah luangkan waktu untuk membuka kembali materi yang sdh dipelajari di sekolah.
3. Mulailah mengerjakan soal-soal. Jika ada kesulitan tanyalah pada buku. Dalam mengerjakan soal anda harus mengerjakan ulang soal contoh yang sudah ada jawabannya dengan tanpa melihat jawaban. lakukan berulang-ulang. ingat : Anda tidak perlu menghafal rumus karena dengan kebiasaan mengerjakan soal secara terus menerus anda pasti bisa tanpa menghafal.
4. Dalam belajar fisika yang perlu disiapkan adalah buku paket, Lks, buku tulis, bolpoin yang selalu harus ada gunakan....jangan hanya membaca tapi harus melakukan......@admin
Fisika bukanlah materi yang sulit untuk dipelajari. Ada beberapa strategi dalam memahami fisika dengan mudah. Berikut yang harus anda lakukan :
1. Timbulkan motivasi anda untuk belajar mencintai, artinya anda hrs memiliki buku pegangan, bacalah buku itu secara perlahan, luangkan waktu 5 sampai 10 menit saja sebagai permulaan. lakukan kebiasaan ini selama seminggu.Proses ini adalah dalam tahap pengenalan sebelum anda mencintai.
2. Fokus pada konsep-konsep yang dipelajari, mulailah dari hal-hal yang paling mudah. sepulang sekolah luangkan waktu untuk membuka kembali materi yang sdh dipelajari di sekolah.
3. Mulailah mengerjakan soal-soal. Jika ada kesulitan tanyalah pada buku. Dalam mengerjakan soal anda harus mengerjakan ulang soal contoh yang sudah ada jawabannya dengan tanpa melihat jawaban. lakukan berulang-ulang. ingat : Anda tidak perlu menghafal rumus karena dengan kebiasaan mengerjakan soal secara terus menerus anda pasti bisa tanpa menghafal.
4. Dalam belajar fisika yang perlu disiapkan adalah buku paket, Lks, buku tulis, bolpoin yang selalu harus ada gunakan....jangan hanya membaca tapi harus melakukan......@admin
Kamis, 10 Januari 2013
Materi Fisika X SMA
FISIKA X SMA (Silahkan dipilih ada lima pengarang), Download di link berikut :
1) http://www.4shared.com/rar/DzhATE86/FisikaSMAKelasX-SetyaNurachman.html
2) http://www.4shared.com/rar/fd7c-Rgp/FisikaSMAKelasX-JokoSumarsono-.html
3) http://www.4shared.com/rar/YygUhErX/FisikaSMAKelasX-SriHandayani-2.html
4) http://www.4shared.com/rar/duf_LT1O/FisikauntukSMAKelasX-Karyono-2.html
5) http://www.4shared.com/rar/RVN93vvT/FisikauntukSMAKelasX-TriWidodo.html
1) http://www.4shared.com/rar/DzhATE86/FisikaSMAKelasX-SetyaNurachman.html
2) http://www.4shared.com/rar/fd7c-Rgp/FisikaSMAKelasX-JokoSumarsono-.html
3) http://www.4shared.com/rar/YygUhErX/FisikaSMAKelasX-SriHandayani-2.html
4) http://www.4shared.com/rar/duf_LT1O/FisikauntukSMAKelasX-Karyono-2.html
5) http://www.4shared.com/rar/RVN93vvT/FisikauntukSMAKelasX-TriWidodo.html
Keep Smile
Selamat beraktivitas dalam belajar di semester genap ini...untuk siswa SMAN 3 Jember..tunggu posting saya materi Fisika semester genap....@admin
Kamis, 27 Desember 2012
MUTIARA HATI
MUTIARA HATI
Nilai
seseorang seharusnya dilihat dari apa yang ia berikan, dan bukan dari apa
yang ia terima. (Albert Einstein)
|
Seseorang
yang sukses adalah orang yang menerima banyak hal dari orang lain, biasanya
lebih banyak dibandingkan dengan apa yang ia berikan kepada orang lain.
(Albert Einstein)
|
Hanya
cinta yang dapat memberikan semangat kehidupan bagi orang lain yang
bermanfaat. (Albert Einstein)
|
Imajinasi
lebih penting daripada pengetahuan. (Albert Einstein)
|
Semua
impian kita dapat menjadi nyata jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya.
(Walt Disney)
|
Namun,
yang paling besar dari semuanya adalah keyakinan kita. Tanpa keyakinan bahwa
kita pasti bisa meraih impian kita maka seluruh upaya menjadi sia-sia.
Keyakinan membuat kita memiliki keingintahuan yang terus bertambah, juga
keberanian untuk melangkah, dan komitmen serta dedikasi untuk konsistensi
berjuang dan bekerja keras hingga impian kita terwujud. (Walt Disney)
|
Konsistensi
adalah penentu lainnya untuk mewujudkan impian. Sering kali impian tidak
dapat mewujudkan dengan cara yang cepat dan mudah, tetapi perlu proses dan
tentunya memerlukan konsistensi, ketahanan untuk tetap bekerja keras,
belajar, dan mengembangkan seluruh potensi yang ada sampai impian kita
terwujud. (Walt Disney)
|
Keberanian
adalah syarat berikutnya untuk mewujudkan impian. Bagaimana kita membuat
sebuah perubahan dan mewujudkan impian kita bila kita memiliki keberanian
untuk melangkah atau melakukan sesuatu hal yang berbeda, bahkan mungkin itu
melebihi perkiraan kita sendiri ataupun kemampuan kita. Tetapi, mereka yang
mencapai impiannya adalah mereka yang berani melangkah dan melakukan hal-hal
yang mengejutkan, tidak peduli hal itu jauh melampaui kebiasaan maupun
kemampuannya. Keberanian juga menggambarkan ketangguhan dan kekuatan mental
yang besar, yang mampu tetap bertahan mengatasi situasi apa pun atau badai
sebesar apa pun. Seorang pemberani tidak akan gentar dan tetap bertahan.
(Walt Disney)
|
Suatu
impian tidak akan terwujud bila kita tidak memiliki rasa ingin tahu. Hal ini
menggambarkan bahwa suatu impian dapat terus bertumbuh dan meningkat semakin
besar. Karena, rasa ingin tahu menggambarkan keinginan untuk belajar terus
dan kesediaan untuk selalu berusaha menjadi lebih pintar dan lebih kompeten,
baik dalam kemampuan berpikir kita maupun dalam keahlian di bidang yang kita
geluti. Sebaliknya, bila kita berhenti belajar karena merasa sudah cukup
tahu, akibatnya kita tidak lagi memiliki rasa ingin tahu akan bidang keahlian
dan kemampuan kita. Akhirnya, kita berhenti belajar dan berhenti bermimpi.
(Walt Disney)
|
Ada empat
kunci menuju perwujudan impian, yaitu rasa ingin tahu, keyakinan, keberanian,
dan konsistensi, namun yang paling besar dari semuanya adalah keyakinan.
(Walt Disney)
|
Justru
kita harus mengikuti mereka yang berani bermimpi dan menetapkan mimpi-mimpi
kita sendiri. Jadilah seorang pemimpi. (Walt Disney)
|
Seorang
yang ingin melihat sebuah keberhasilan dan pencapaian di dalam hidupnya
adalah seorang yang memiliki mimpi. Impian adalah suatu penyemangat untuk
meraih hal-hal yang besar dan berarti dalam hidup kita. Jangan kecilkan atau
rendahkan siapapun yang memiliki impian begitu tinggi dan besar. Atau, jangan
juga pandang remeh impian mereka. Karena, impian adalah pintu menuju
perubahan yang besar dalam hidup seseorang. (Walt Disney)
|
Langganan:
Postingan (Atom)